Rabu, 16 November 2011

Southest asian Games

                                                               SEA GAMES
Southeast Asian Games (juga dikenal sebagai SEA Games), adalah sebuah acara olahraga multi dua tahunan yang melibatkan peserta dari 11 negara Asia Tenggara saat ini. Permainan di bawah peraturan dari Asia Tenggara Games Federation dengan pengawasan oleh Komite Olimpiade Internasional (IOC) dan Dewan Olimpiade Asia.Southeast Asian Games berutang asal-usulnya ke Olimpiade Tenggara Semenanjung Asia atau SEAP Permainan. Pada tanggal 22 Mei 1958, delegasi dari negara-negara di semenanjung Asia Tenggara yang menghadiri Asian Games ke-3 di Tokyo, Jepang telah bertemu dan sepakat untuk membentuk sebuah organisasi olahraga. SEAP Games ini dikonsep oleh Luang Sukhumnaipradit, maka Wakil Presiden Komite Olimpiade Thailand. Alasan yang diajukan adalah bahwa acara olahraga regional akan membantu mempromosikan kerjasama, pemahaman dan hubungan antara negara-negara di kawasan Asia Tenggara.
Thailand, Burma (sekarang Myanmar), Malaya (sekarang Malaysia), Laos, Vietnam Selatan dan Kamboja (dengan Singapura termasuk sesudahnya) adalah anggota pendiri. Negara-negara ini sepakat untuk mengadakan Olimpiade dua kali setahun. Para SEAP Games Federation Komite dibentuk.
Yang SEAP Games pertama diadakan di Bangkok 12-17 Desember 1959 yang terdiri lebih dari 527 atlet dan pejabat dari Thailand, Burma, Malaya (sekarang Malaysia), Singapura, Vietnam Selatan dan Laos berpartisipasi dalam 12 cabang olahraga.
Pada SEAP Games 8 pada tahun 1975, Federasi SEAP mempertimbangkan masuknya Indonesia dan dua negara secara resmi Philippines.The mengakui pada tahun 1977, tahun yang sama ketika Federasi SEAP berganti nama menjadi Tenggara Asian Games Federation (SEAGF), dan permainan dikenal sebagai Games Asia Tenggara. Brunei dirawat di SEA Games ke-10 di Jakarta, Indonesia, dan Timor Timur di SEA Games 22 di Hanoi, Vietnam.
Pada bulan Desember 2005, Filipina menjadi tuan rumah Olimpiade untuk ketiga kalinya, setelah tahun 1981 dan 1991 edisi. Dengan medali emas 113, itu copped kejuaraan over all untuk kali pertama sejak ia bergabung pada tahun 1977.
Permainan terakhir diselenggarakan adalah insiden bebas 2009 Southeast Asian Games (berjalan dari 9-18 Desember) yang merupakan pertama kalinya Laos yang pernah menggelar Asian Games Tenggara (Laos sebelumnya menolak tuan Tenggara Asian Games 1965 Semenanjung mengutip kesulitan keuangan). Hal ini juga memperingati 50 tahun SEA Games, yang diselenggarakan di Vientiane, Laos. Tuan rumah untuk Asian Games 2011 Tenggara adalah game Indonesia.The dimulai dan berkembang sangat lancar, bagaimanapun, pujian dan pujian yang diungkapkan oleh banyak atlet, pejabat olahraga dan pers-Laos sekarang bergabung dengan daftar negara yang telah berhasil menyelenggarakan Selatan Permainan Asia Timur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar